Cara Memasak Ketupat

Ketupat. Rasanya sudah identik dengan lebaran. Khususnya lebaran Idul Fitri. Banyak orang di Indonesia seperti selalu ingin tidak ketinggalan menyajikan menu ketupat di hari lebaran nya. Tahu kah anda kalau sebenarnya memasak ketupat itu sangat mudah? Ya. sangat mudah. Bahan dan alatnya pun sangat sederhana yang diperlukan. Cukup ada ketupatnya, sejumlah beras dan panci untuk memasaknya. 
Setelah ketpat selesai kita buat. (Yang belum bisa buatnya bisa lihat disini). Mari kita ikuti langkah-langkah memasaknya:
- Siapkan Beras. Beras disini kita gunakan beras yang kalau dimasak menjadi nasi, nasi nya pulen.
- Rendam beberapa saat beras ( kira-kira 30 menit sudah cukup).
- Isi Ketupat-ketupat yang sudah dibuat degan beras tadi sebanyak kira-kira setengah lebih seditit. Tapi jangan lupa di cuci dulu ya ketupatnya sebelum di isi dengan beras.
- Rebus calon ketupat dalam panci selama lebih kurang 3 jam. Kalau ingin menghemat waktu perebusan, didihkan dulu air nya sebelum ketupat di masukkan. Dengan cara ini perebusan hanya akan memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam saja. Banyak air untuk merebus harus merendam seluruh bagian ketupatnya. Kalau tampak air berkurang dan kondisi ketupat belum matang, tambahkan air mendidih ke dalamnya.
-.Angkat ketupat dari rebusan dan langsung siram dengan air dingin sebanyak-banyaknya.
- Tiriskan ketupat dengan menggantungnya dan di angin-anginkan sampai dingin. Pastikan air sisa rebusan dan sisa pencucian segera mengering. Karena sisa air rebusan inilah yang biasanya menyebabkan ketukat-ketukat cepat menjadi basi.
- Ketupat siap di sajikan dengan sayur kesukaan anda.
- Dan terakhir. Selamat menikmati hasil kerja membuat ketupat anda. D:

----- oOo -----

Posting Komentar

0 Komentar