Rukun Shalat ada 13

Pengertian Rukun Shalat adalah setiap perkataan maupun perbuatan yang membentuk hakikat shalat. Apabila salah satu dari rukun itu ditinggalkan atau tidak ada, maka shalat yang dikerjakan itu menjadi tidak dianggap sah secara syar’i. 

Lalu ada berapa dan apa saja rukun-rukun shalat itu?
Rukun Shalat ada 13 rukun, yaitu : 
  1. Berdiri tegak (bagi yg mampu) pada saat mengerjakan shalat ini merupakan rukun awal shalat, hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an yang artinya Peliharalah semua shalat(mu), dan peliharalah shalat wustha. Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’. (QS. Al Baqarah : 238). Dan sabda, Rasulullah SAW juga pernah bersabda yaitu “Shalatlah dengan berdiri”. (HR. Al Bukhari)
  2. Takbiiratul Ihram atau mengucapkan takbir Allahu Akbar, tidak boleh dengan bahasa yang selain bahasa arab..
  3. Membaca surat Al Fatihah. membaca fatihah ini dikerjakan di setiap rakaatnya, sesuai dengan hadits yang Muttafaqun ‘alaih yang mengatakan “Tidak ada shalat untuk orang yang tidak membaa Al Fatihah”. 
  4. Ruku’. Yaitu membungkukkan badan sehinggan lurus kedepan.
  5. I’tidal. Yaitu berdiri dengan tegak setelah dari melakukan ruku’
  6. Sujud menggunakan tujuh dari anggota tubuh.
  7. Duduk diantara dua sujud, dalil dari rukun shalat yang ini terdapat didalam Al-Qur’an surat Al Hajj ayat 77 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan."
  8. Membaca Tasyahud Akhir.
  9. Membaca Tasyahud Akhir, hadits yang menjelaskan duduk tasyahud akhir ini menjadi salah satu rukun shalat ialah sabda Rasulullah SAW oleh Muttafaqun ‘Alaih yang berkata:”Jika seseorang dari kalian duduk dalam shalat, maka hendaklah ia mengucapkan At-Tahiyyat.”
  10. Membaca Shalawat Nabi Muhammad SAW.
  11. Mengucapkan dua kali salam, seperti yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang artinya “…dan penutupnya (shalat) ialah salam.”
  12. Thuma’ninah didalam semua gerakan dan amalan shalat.
  13. Tertib di setiap rukun shalat yg dikerjakan.
Itulah rukun shalat yang 13 yang wajib dilakukan oleh umat Islam dalam shalatnya sehari-hari. Sempurnanya shalat seorang adalah kunci sempurnanya iman orang tersebut.
Semoga kita semua terhindar dari kehilafan yang menyesatkan. Amien.

Posting Komentar

0 Komentar