Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Sirsak adalah buah berwarna hijau dan biasanya memiliki rasa manis bercampur asam. Buah sirsak sangat segar sekali jika dijadikan minuman yang dibubuhi es di dalamnya. Ternyata buah ini tak hanya berfungsi untuk menyegarkan tenggorokan anda yang haus saja. Buah ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini antara lain kalsium, mineral, aneka vitamin dan serat.
Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan
Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali penelitian tentang khasiat buah yang satu ini. Hasil penelitian tersebut sangat membuat banyak pihak terkejut karena ternyata sirsak memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat dari buah sirsak ini? Simak info nya berikut ini:
Mengusir kolesterol jahat
Sirsak tak hanya mengandung vitamin Ctetapi juga mengandung serat yang baik sekali untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata bisa menyerap kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Sehingga yang tersisa di dalam tubuh adalah kolesterol yang baik saja. Jadi, untuk anda yang ingin sehat tanpa kolesterol jahat minumlah segelas jus sirsak dengan teratur. Anda tahu sendiri bukan jika tubuh yang dipenuhi dengan banyak kolesterol jahat bisa mengundang banyak penyakit? 
Menjaga imunitas tubuh
Di dalam 300 gram buah sirsak, ternyata mengandung 60 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C dalam sirsak yang tinggi setidaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Selain itu vitamin C ini memiliki peran penting dalam tubuh yakni menjaga sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas hingga mencegah penuaan dini. Untuk itu jika anda ingin terlihat segar dan muda, konsumsi lah buah sirsak secara teratur.
Baik untuk tulang
Buah yang satu ini memang memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik sekali untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang anda. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata mengandung 14 miligram kalsium serta 27 miligram fosfor. Tak hanya nutrisi itu saja yang menyebabkan sirsak bisa menjaga tulang anda.
Sirsak juga ternyata mengandung zat tembaga. Zat tembaga ini memiliki fungsi penting karena bisa membantu penyerapan kalsium pada tulang. Jika kalsium terserap baik oleh tulang, pastilah tulang anda menjadi lebih kuat dan tak mudah terserang penyakit osteoporosis.
Mencegah kanker
Tak hanya nutrisi berupa vitamin saja yang terkandung dalam buah sirsak. Sirsak ternyata juga mengandung senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitikimia ini ternyata baik sekali untuk menangkal berbagai virus yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Beberapa jenis kanker ternyata bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi sirsak. Diantaranya kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar dan masih ada beberapa jenis kanker lainnya. Untuk mencegah penyakit ini anda bisa mengkonsumsi sirsak secara teratur. Baik mengkonsumsi nya secara langsung ataupun mengkonsumsi olahannya yang berbentuk obat.
Menghilangkan bisul
Bisul adalah penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya. Tetapi mungkin bisul yang timbul pada kulit anda akan menjadikan anda kurang percaya diri. Bisul tak hanya bisa diobati dengan menggunakan salep saja. Ternyata bisul bisa diobati dengan obat-obat alami seperti buah sirsak.
Cara menjadikan sirsak sebagai obat bisul juga cukup mudah. Pisahkan sirsak dari isinya. Lalu haluskan hingga lembut seperti bubur. Setelah itu tempel kan adonan sirsak tersebut pada kulit anda yang terkena bisul. Biarkan hingga kering beberapa saat. Setelah kering, basuhlah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama beberapa kali hingga bisul yang menempel pada kulit anda menghilang.
Mengatasi migrain
Apakah anda sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah? Jika benar, biasanya anda akan mengobatinya menggunakan obat dari dokter. Tapi obat dari dokter aja tak akan cukup. Anda juga butuh nutrisi alami yang terbuat dari bahan alami pula. Nutrisi alami yang bisa mengobati migrain anda adalah buah sirsak. Ini dikarenakan buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang tinggi. Vitamin B2 inilah yang bisa mengatasi sakit migrain yang anda derita.
Menjaga kelembaban kulit
Buah sirsak ternyata bisa menjaga kelembaban kulit anda. Ini dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang bisa membantu untuk melembapkan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, buah ini bisa menjadikan kulit anda lebih lembab dan bersinar. Anda bisa mengkonsumsi nya secara langsung, menjadikannya jus atau bahkan menjadikannya masker wajah. Jika kulit anda lembab dan bersinar, pastilah anda akan terlihat lebih mudah bukan?
Mengatasi wasir
Wasir atau ambeien tidak hanya perlu memerlukan obat saja untuk menyembuhkannya. Anda juga perlu nutrisi alami untuk mempercepat sembuh nya wasir. Anda bisa menggunakan buah sirsak untuk membantu cepat sembuh nya wasir yang anda derita.
Caranya pembuatan obat wasir dari sirsak juga mudah. Pertama, anda bisa menyeduh sirsak dengan air panas. Setelah itu pisahkan antara buah dan airnya. Lalu peras lah buah sirsak yang diseduh tadi. Ambil airnya dan minumlah. Minum ramuan khusus wasir ini selama dua kali sehari hingga wasir anda dipastikan sembuh.
Menyembuhkan dan mencegah anemia
Untuk anda yang sering mengalami anemia sehingga membuat anda mengalami lemas, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi sirsak setiap hari. Ini dikarenakan sirsak juga bisa membantu meningkatkan sel darah merah pada tubuh. Untuk anda yang belum terjangkit anemia, anda juga disarankan untuk meminumnya karena buah sirsak juga bisa digunakan untuk mencegah anemia.
Manfaat buah srsak yang begitu banyak, tentunya sangat sayang untuk kita lewatkan. Maka tidak ada salahnya jika kita sekali-kali mengkonsumsi buah yang mirip dengan nangka dan srikaya ini.

sumber : http://manfaatnyasehat.com/manfaat-buah-sirsak/

Posting Komentar

0 Komentar