Aplikasi Pembayaran AIR (excel)

Selamat datang di blog adituek.net.

Kali iini saya ingin share info sedikit tentang program sederhana excel yang mungkin saja sedang anda cari. Meskipun sederhana tapi cukup dapat dikembangkan. Khususnya jika anda sedang sibuk mencatat data pembayaran rekening air bersih di lingkungan anda yang administrasinya di kelola oleh lingkungan di tempat anda sendiri. Jika anda adalah pengurusnya, mungkin informasi saya kali ini akan sedikit membantu pekerjaan anda.

Prosedurnya simpel aja. Tapi perlu perhatikan kalau program ini berjalan dengan perintah-perintah macros. Jadi anda wajib ain untuk mengaktifkan Enable Macros di excel anda. Kalau hal ini di abaikan tentu saja program tidak akan berjalan sebagaimana yang anda harapkan. D: Saya tidak akan membahas soal macros nya di sini, tapi jika anda memerlukan informasinya dapat anda lihat di sini.

Lanjut ke topik. Di program ini dilengkapi dengan sistem pengamanan login user yang di bedakan menjadi 2 jenis user. Yaitu user dengan level admin dan user dengan level user. Level user admin adalah user yang memiliki akses penuh sedangkan level user aksesnya di batasi. Terutama di bagian-bagian setingan nya. Secara default (awal) anda dapat menggunakan kata “admin” utnuk login menjadi user level admin dan kata “user” untuk login segabai level user. Ingat. Gak pake tanda petik lho nulisnya. Lihat gambar di bawah ini

14

Jika login anda dinyatakan sukses maka anda akan dibawa ke halaman utama (home) aplikasi seperti gambar di bawah ini

11

Selanjutnya anda tinggal memilih pekerjaan yang akan anda lakukan dari pintasan menu yang telah tersedia. Perlu diperhatikan sebelum anda lebih jauh menelusuri menu-menu yang ada anda harus membuka halaman setingan nya dulu untuk menyesuaikan data-data dasar yang diperlukan. Seperti nama lembaga, ketentuan tarip dasar nya dan lain-lain nya. Kalau ini di lewati maka data yang diperoleh dari halaman kerja lainnya akan acak-acakan datanya..

Setelah semua data dasar yang diperlukan selesai anda seting. Sekarang anda dapat mulai menginputkan data konsumennya (di halaman pelanggan) dan kemudian mulai memasukkan data meter yang harus dibayar oleh masing-masing pelanggan/konsumen. Halaman input data meter airnya seperti gambar di bawah ini

13

Dan inti dari proses adalah di halaman pembayaran atau pencetakan nota pembayaran rekening nya. Halaman nya seperti tampak pada gambar berikut:

12

Dengan melihat tampilan halamannya, saya yakin anda pasti sudah langsung dapat mengoperasikannya. Cara nya cukup dengan anda memilih atau mengetikkan langsung id pelanggan yang akan membayar. Maka datanya langsung akan tertampilkan dan anda tinggak meng klik tombol cetak untuk mencetaknya.

Dan untuk melihar hasil data pembayarannya dapat anda lihat melalui menu Laporan Pembayaran dan halaman Laporan Tunggakan pembayaran.

Bagaimana. Anda tertarik untuk mencobanya? jika Ya silakan ambil FIle excel nya di sini

Sekian dulu info dari saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Oya jangan lupa tinggalkan komentar anda ya.

Terima kasih telah berkunjung kemari.

Berlangganan konten blog ini:

Komentar 16

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan di publikasikan. Lengkapi Data di bawah ini :