Agar Cell Excel tidak bisa di Klik

Beberapa waktu yang lalu saya ditanya oleh kawan apa bisa ya lembar cell excel yanga kita buat itu tidak bisa di klik cell nya. Maksudnya kalau kita klik di sembarang tempat di halaman itu akan selalu di arahkan ke cell tertentu yang kita inginkan sesuai dengan yang telah kita tentukan?

Saya jawab ya bisa saja sih.  Kan tinggal menandai cell-cell mana yang tidak boleh di klik lalu klik kanan > Format Cell > pilih tab Protection dan centang /ceklist bagian Locked. Kemudian lakukan Protect Sheet. Selesai. Tapi ternyata yang dimaksud tidak seperti itu. Melainkan agar cell excel tidak bisa di klik tanpa melakukan protect sheet nya. O, ya kalau seperti itu yang diinginkan ya bias menggunakan script macros untuk mengunci cell nya. Caranya bagaimana ?

Untuk mempermudah pamahaman di sini saya akan coba contohkan dengan membuatkan sehbuah halaman login pada sheet excel dimana cell yang boleh aktif hanya dua cell saja. Yaitu cell untuk username dan cell untuk password. Sedangkan untuk cell yang lainnya jika di klik dimanapun selain di dua cell tersebut ( dalam contoh cell D5 dan cell D7) maka cell aktif nya akan tertuju ke kedua cell tersebut. Lihat gambar simulasi di bawah ini:

aaa

Langkah pembuatannya :

Pertama tentu buka Ms Excel kesayangan anda. Di contoh ini saya menggunakan Ms excel 2007. Kita akan buat halaman login di sheet 1. Ganti nama sheet agar lebih mudah kita mengenalinya dengan nama sheet login. Dan jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur macros excel nya karena kita akan menggunakan script macros dalam proyek kita. Kalau belum tahu caranya mengaktifkan Macros Excel bias anda lihat di sini.


Baca juga : Cara Mengaktifkan Macros di Excel 2007 


Kemudian buka VB Editor Excel nya. Kalau kesulitan tekan saja CTRL + F11. Di keyboard.  Bentangkan (buka) tree view Vba Proyect nya dan bentangkan lagi Microsoft Excel Object nya (tanda plus disamping kirinya). Dan pilih sheet 1 (sheet login). Double Click pada item sheet login tersebut untuk membuka panel editor script nya. Yaitu tempat dimana kita akan menuliskan script nya.

aab

Kemudian ketikkan kode seperti  ini di dalamnya :

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)

   If Not Intersect(Selection, Range(“D5”)) Is Nothing Then

      Range(“D5”).Select

      Else

   If Not Intersect(Selection, Range(“A1:Z100”)) Is Nothing Then

      Range(“D7”).Select

      End If

      End If

End Sub

Setelah itu kembali ke halaman excel dan coba klik di sembarang tempat di sheet tersebut. Juga coba klik pada cell D5 dan cell D7 nya. Apa yang terjadi? Ternyata halaman sheet login sudah tidak ada yang bias di aktifkan cell nya kecuali cel D5 dan cell D7. Bagaimana. Mudah kan?

Sekarang untuk menyimpan file excelnya kita harus menggunakan pilihan format xlsm (excel macros). Kalau tidak ya sia-sia pekerjaan. Hehe.

aac

Sedikit Penjelasan Script;

Bagian text:

If Not Intersect(Selection, Range(“D5”)) Is Then

      Range(“D5”).Select

Maksudnya adalah jika cell yang di klik adalah cell D5 maka cell yang harus aktif adalah cell D5 itu sendiri. Bukan cell yang lain.

Dan bagian text:

If Not Intersect(Selection, Range(“a1:z100”)) Is Nothing Then

      Range(“D7”).Select

Maksudnya adalah memerintahkan agar jika cell yang di klik adalah cell di range A1 – Z100 maka harus mengaktifkan hanya cell D7. Jadi intinya dari script tersebut saya mengunci tindakan Klik pada sheet login pada range A1 sampai Z100. Rentang range ini dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan  range yang ingin anda kunci klik nya.

Demikian dulu ya jika ada yang kurang jelas silakan ditanyakan lewat kolom komentar. Mudah-mudahan saya bias membantunya.

Salam.

Berlangganan konten blog ini:

Komentar 1

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan di publikasikan. Lengkapi Data di bawah ini :