Membuat Web SERVER Localhost di Windows 7 dengan IIS

“Web Server “localhost” untuk Windows 7” sebenarnya sudah ada di windows 7 itu sendiri. Karna itu merupakan bawaan Windows. Hanya saja secara default seting windowsnya, fitur ini masih disembunyikan. Alian belum di aktifkan. Makanya kita harus mengaktifkannya sendiri kalau ingin menggunakan fasilitas windows yang satu ini.
Oleh Windows fitur ini dinamai IIS (Internet Information Services) yang menggunakan bahasa ASP.NET. Pada saat ini versi yang terbaru adalah IIS 7.5 (tersedia pada Windows 7 dan Windows Server 2008 R2).  Mulai sejak dari IIS 7 sebelumnya di dalamnya sudah dikenal script PHP. Untuk ASP.NET nya sendiri, yang terbaru saat ini adalah ASP.NET 4 yang tentunya sudah mengalami penambahan fitur dan mendukung Silverlight 4 dan HTML 5.
Apa anda tahu apa itu Silverlight…?
Software ini adalah software keluaran microsoft yang fingsinya layaknya Adobe flashplayer yang bisa kita gunakan untuk tambahan browse agar bisa membuka file animasi berbasis flash yang di keluarkan oleh Adobe.
Sekarang masuk ke penjelasan tentang bagaimana cara Membuat Web Server Pada Windows 7 dengan mengaktifkan fitur IIS tadi. Simak alurnya berikut :
  1. Buka Start – Control Panel – Programs – Turn Windows Features on or off
    Web Server 1
  2. Ceklist Internet Information Services, kemudian OK
    1
  3. Tunggu beberapa saat hingga selesai proses instalasi IIS. Kemudian buka Internet Explorer dan pada alamat URL nya ketikkan Localhost
    Web Server 3
  4. Buka file host dari C:/Windows/System32/drivers/etc
    Web Server 4
  5. Kemudian ganti permission dengan cara klik kanan – Properties, pilihTab Security – pilih button Edit – di Group or User names: pilih account yang user anda. Disini saya gunakan user pico-PC. Kemudian bagian Permission for Users di bagian Full control centang Allow, Kemudian Apply – OK.
    Web Server 5
  6. Kemudian buka file hosts dengan menggunakan notepad. Setelah itu ganti Localhost dengan nama host sesuka kamu. Disini saya contohkan ganti dengan nama www.simonpakpahan.com. Dan tanda comment “#” di depannya dihapus.
    Web Server 6
  7. Setelah itu coba kembali ke Internet Explorer. Sekarang ketikkan www.simonpakpahan.com (disesuaikan ya). Hasilnya:
    Web Server 7

Sekarang Webserver lokal di komputer kita sudah aktif. Tinggal mulai berkreasi dengan membuat aplikasi kita menggunakan bahasa PHP dan HTML untuk dijalankan di server lokal yang baru kita buat.

Demikian share saya kali ini. Selamat berkarya.

Berlangganan konten blog ini:

Komentar 2

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan di publikasikan. Lengkapi Data di bawah ini :