Cara Buat Blog WordPress Offline

Membuat Blog Wordptess secara offline, artinya kita membuat sebuah website pribafi dengan tanpa koneksi internet. Apa untungnya ? Dengan menginstall wordpress secara offline, kita bisa mengedit, menambah plugin, mengganti theme, dan utak-atik percobaan lainnya di server offline, tanpa koneksi internet.
Dibawah ini beberapa yang harus kita siapkan untuk menginstall wordpress offline :
1. Software local server : kita bisa menggunakan satu dari 3 software local server yang biasa digunakan : Xampp, Appserve, Apache triad. Disini saya akan menggunakan Appserve saja. Silahkan anda download appserve nya dulu.
2. File wordpress, Seperti telah dijelaskan, website adalah kumpulan folder dan file, nah untuk wordpress, kita harus download dulu folder dan filenya dalam bentuk zip file, silahkan download diwww.wordpress.org.
Langkah installasi wordpress offline :
1. Extract file zip Appserve yang telah anda download. Lalu install.  Proses installasi Appserve nya tidak sulit karena anda tinggal klik-klik dan ikuti petunjuk di layar monitor aja kok. Memang untuk mempelajari cara membuat blog di wordpress, kadang kita harus belajar menggunakan logika juga untuk hal-hal kecil nya.
2. Setelah appserve terinstall, buatlah folder baru di C:Appserve/www/Nama folder bisa apa saja. Saya namai saja wordpress untuk contoh disini.
w1
3. Extract file zip wordpress dimana saja, lalu copy kan semua isinya ke folder yang anda buat tadi C:Appserve/www/wordpress
4. Buatlah database baru, caranya, buka browser anda, ketikkanhttp://localhost/phpmyadmin. Kalau ada permintaan username & password, isikan username dan password yang anda buat saat installasi appserve. Biasanya usernamenya : root. Di bawah ini screenshot cara membuat database baru, tuliskan nama database, klik “create” :
w2
5. Kemudian di browser anda, tuliskan http://localhost/wordpress, dan tekan enter, ikuti screenshot berikut :
Pilih bahasa yang akan digunakan untuk bahasa default web nya
w3
Klik Lets go
w4
6. Masukkan nama database yang anda buat tadi di phpmyadmin, dan isi info lainnya sesuai yang telah anda buat sebelumnya. Kolom host dan table prefix biarkan apa adanya. Lalu klik submit.
w5
Klik “run the install”. Dan tunggu sampai proses selesai.
Di akhir proses anda akan di arahkan ke halaman login admin web anda
w6
7. Website offline anda siap di kelola.
8. Selesai.
Kalau masih ada yang belum jelas tentang cara membuat blog wordpress offline ini, silahkan tulis di comment , atau emai.

Berlangganan konten blog ini:

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan di publikasikan. Lengkapi Data di bawah ini :