Aplikasi AdmindesPro 346


Memasuki era komputerisasi untuk pengelolaan tata Administrasi di Desa di Indonesia khususnya, disini saya ingin berbagi sedikit informasi berkaitan dengan software yang mungkin saja akan berguna di Desa anda semua.
Sebuah aplikasi lokal Indonesia yang khusus diperuntukkan untuk penanganan tata administrasi pemerintahan Desa di Indonesia. Namanya AdmindesPro. Saat ini serinya sudah update DsP_3.4.6
Aplikasi AdmindesPro ini merupakan aplikasi yang bersifat Server Client. Jadi dapat digunakan dalam sistem paralel LAN atau Wifi dengan banyak komputer / Laptop dengan data di satu Server. Sepertinya menarik untuk di pelajari.dan di implementasikan penggunaannya di desa-desa di wilayah NKRI.
App AdmindesPro menggunakan basis data MySql dan SqLite3. Maka, jika anda memilih basis data MySql sebagai database app AdmindesPro anda, untuk dapat menjalankan aplikasi AdmindesPro anda tentu wajib terinstal setidaknya MySql Server di Komputer / Laptop yang seting/difungsikan sebagai Server nya. Atau dapat juga menggunakan MySql yang terintegrasi kedalam sebuah server local seperti XAMPP/WAMPP.
Bagi anda yang ingin mencoba untuk mempelajari atau sekedar iseng-iseng ingin tahu seperti apa kemampuan aplikasi kecil ini. Di bagian akhir tulisan ini saya sertakan Link untuk menuju halaman informasi bagaimana cara Instalasi dan men seting aplikasi AdmindesPro ini. Menurut saya instalasinya tidak begitu sulit kok. Sistem koneksi ke database nya juga cukup sederhana. Sehingga tidak harus diperlukan pengetahuan yang khusus untuk itu. D.
Apa di Desa yang anda tangani saat ini masih melayani penduduknya yang meminta surat-surat dengan selalu di ketik secara manual satu persatu? Masih selalu menghitung jumlah penduduknya setiap akan membuat laporan data kependudukan dengan bantuan kalkulator?
Saya rasa yang seperti itu pekerjaan Pak Carik era seribu sembilan ratusan lah. D.D.
Tapi sukurlah, anda sudah berhasil menemukan halaman ini. Mudah2an hari ini merupakan hari terakhir anda membongkar-bongkar arsip surat yang ada di almari map. D. 
Semoga informasi ini bermanfaat,  mohon maaf kalau ada salah kata.
Dan bagi yang ingin mendapatkan data Kode Wilayah Indonesia untuk pengisian data nama dan kode wilayah desa untuk kelengkapan data di app AdmindesPro bisa di unduh disini
Salam.
Penting !:
Bagi anda pengguna AdmindesPro_3.1.3 atau yang lebih baru yang sebelumnya sudah menggunakan admindesPro dengan seri dibawahnya (DsP_2.1.7 kebawah) perlu melakukan(disarankan) proses Update sistem database aplikasi melalui menu Extra>Update dari seri 2.x.x.
 Proses tersebut akan mensinkronkan sistem alamat pada database. Jika proses ini diabaikan, maka akan ada beberapa fitur yang berkemungkinan terjadi dibaca tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya oleh sistem. Dan setelah proses update tersebut dilakukan disarankan jangan sekali-kali melakukan restore data lagi dari data hasil backup DsP seri 2.x.x. karena sistem data sudah mengalami perubahan. Sehingga akan bisa mengakibatkan data pada menu Pajak dan Keuangan akan hilang dari daftar.
Link Download nya

Posting Komentar

0 Komentar