SEKILAS TENTANG BUAH NAGA HITAM

Kita semua banyak tahu buah naga memiliki beberapa varitas/jenis. Yaitu buah naga dengan daging buah kuning , putih , merah dan hitam.
Disini saya akan sedikit mengulas satu diantaranya yaitu buah naga dengan daging buah berwarna hitam. Kenapa? Karena menurut saya jenis buah naga yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Selain warna daging buahnya yang mendekati warna hitam yang menjadi ciri khas buah ini kenapa disebut buah naga hitam, buah naga yang berasal dari daratan Meksiko ini pertama sekali di budidayakan di Indonesia tahun 2003 oleh Prof. Dr. H. KPH. A.P Kusumoningrat, Ph.D di lereng gunung Wilis Kediri Jawa Timur. Sebenarnya buah naga hitam ini merupakan hasil pengembangan dari buah naga merah yang dibudidayakan dengan penambahan pupuk khusus berupa pupuk natural hitam, Yaitu pupuk buatan yang terdiri atas campuran kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok, ampas jamu, ditambah abu sekam. Hasil akibat dari penggunaan pupuk campuran khusus ini yang akhirnya mengakibatkan kandungan betakarotin pada buah naga jadi meningkat, sehingga menjadikan warna daging buahnya menjadi cenderung lebih gelap dan mendekati warna hitam. Dan Betakarotin itu sendiri diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, meminimalkan serangan jantung, dan juga berfungsi sebagai antioksidan. Itu sebabnya buah naga ini sangat bagus di konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.


Dan seiring berjalannya waktu maka jadilah buah naga hitam ini menjadi sangat diminati banyak kalangan. Sehingga sangat membuka celah lapangan usaha untuk membudidayakan buah naga ini. Terutama buah naga hitam Karena memang memiliki keunikan tersendiri dan sudah tentau harganya juga lebih mahl dari rekan-rekan buah naga jenis lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar