Tata Cara Melaksanakan Shalat Sunnah Idul Fitri



Shalat hari raya Idul Fitri atau hari raya Fitrah adalah shalat sunnah pada tanggal 1 Syawal .

Waktu shalat 'Id dimulai dari terbit matahari sampai tergelincirnya matahari. Shalat hari raya ini hukumnya sunat muakkad bagi laki-laki dan perempuan, mukim atau musafir. Cara mengerjakannya boleh dikerjakan sendiri-sendiri atau berjama'ah. Tapi sebaiknya dilakukan berjamaah.

Sabda Nabi Muhammad s.a.w  :
Dari Ummi 'Athiyah katanya : ''Kami diperintahkan pergi shalat hari raya, bahkan anak-anak gadis keluar dari pingitannya. Juga perempuan-perempuan yang sedang haid (datang bulan) tetapi mereka hanya berdiri saja di belakang orang banyak, dan turut takbir dan berdoa bersama-sama dan mereka mengharapkan beroleh keberkahan dan kesucian hari itu.''

Cara Mengerjakan Shalat hari raya Idul Fitri:
1. Pada dasarnya 
cara mengerjakan shalat idul fitri sama dengan cara mengerjakan shalat-shalat sunnah yang lainnya. Shalat hari raya Idul Fitri jumlah raka'atnya hanya dua rakaat dan tidak memakai adzan dan iqamat sebelumnya. Pada rakaat pertama membaca takbir 7 kali dan pada rakaat yang kedua membaca takbir 5 kali..Dan sesudah selesai shalat diadakan Khutbah. 

2..Pada rakaat pertama : Sesudah niat  (lafazh niatnya lihat disini) mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap habis takbir disunnahkan membaca tasbih  :


سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ


"Subhaanallahi wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar."

Artinya :
"Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar"

3. Setelah takbir 7 kali kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat-surat lain yang disukai, lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la
.
4. Kemudian Ruku' sujud, duduk diantara dua sujud sebagaimana shalat-shalat biasa sehingga kembali berdiri.

5. Pada raka'at kedua, membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan bacaan surat-surat lain yang disukai, lebih utama membaca surat Al-Ghayiah. 

6. Kemudian Ruku' sujud, duduk diantara dua sujud sebagaimana shalat-shalat biasa sehingga salam.

7. Selesai shalat dilakukan Khutbah dua kali, Pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali. Isi khutbah hendaknya berisikan hal-hal yang berkaitan dengan zakat fitrah dan iman.


Amalan Sunnah Sebelum melaksanakan Shalat hari raya Idul Fitri

1. Mandi

2. Disunahkan makan sebelum berangkat shalat sebagai tanda telah tidak berpuasa

3. Berhias dengan pakaian yang terbaik dan memakai wangi-wangian

4. Membaca Takbiran (lihat disini)

Waktu ttakbiran dimulai dari terbenamnya matahari akhir ramadhan hingga imam berdiri untuk mengerjakan shalat hari raya Idul Fitri.. 

5. Menempuh / melewati jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang shalat hari raya. 

----- oOo -----




Semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar