Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Buah Naga Merah. Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua usia, baik itu bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua bahkan yang sudah renta sekalipun. Karena buah nagasangat  kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah naga juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah baga memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Unsur-unsur inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari,

Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Buah naga adalah buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Ditanah kelahirannya buah ini disebut dengan Pitaya
Baik buah Naga Merah maupun buah naga putih, keduanya memiliki khasiat yang luar biasa hagi kesehatan manusia. Dan diantara manfat-manfaat itu adalah :
  1. 1. Mencegah Diabetes Melitus
  2. Buah naga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

  3. 2. Mencegah Kanker
  4. Penyakit kanker termasuk penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Maka usaha untuk mencegah kanker adalah lebih baik.  Salah satunya dengan cara rutin mengonsumsi buah naga merah. Karena buah iinikaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.

  5. 3. Menjaga Kesehatan Jantung
  6. Buah naga mempunyai khasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu kandungan Phytochemical Captin pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai informasi, zat Phytochemical Captin biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan masalah jantung, dan pada buah ini 
  7. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, dapat membuat jantung tetap terjaga kondisinya dengan stabil. 

  8. 4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Darah
  9. Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.
Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat buah naga merah ini. Insya Allah akan saya paparkan di kesempatan berikutnya..

Posting Komentar

0 Komentar