Lada dan Khasiatnya

LADA (piper nigrum linn atau pepper) yang oleh ibu rumah tangga sering disebut merica, merupakan salah satu komoditas unggulan bagi Indonesia. Manfaat lada dalam rumah tangga sebagai bumbu penyedap rasa yang mengandung senyawa alkolid piperin, berasa pedas. Sedangkan manfaat untuk kesehatan, lada dapat melonggarkan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Oleh karena itu masakan yang berbumbu pedas merica cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, perut kembung dan mual akibat masuk angin.

Masakan yang menggunakan merica dan cocok untuk kesehatan seperti saus steak, sup dan sebagainya. Menurut jenisnya lada ada dua macam yaitu lada putih dan lada hitam. Lada putih adalah buah lada yang dipetik saat buah lada itu sudah matang. Lantas dikupas kulitnya dengan cara merendamnya dalam air mengalir selama dua minggu, kemudian dijemur selama tiga hari. Sedangkan lada hitam ialah buah lada yang saat dipetik sudah matang tetapi kulitnya masih hijau, dan langsung dijemur selama tiga hari tanpa direndam terlebih dahulu.


Khasiat dari lada hitam 
Beberapa manfaat dari lada hitam diantaranya adadlah bisa mencegah terjadinya kanker, masalah hati, dan penyakit kardiovaskuler. Sebuah studi menyatakan bahwa lada hitam berkhasiat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Diantaranya dapat meningkatkan cairan pencernaan yaitu asam klorida. Selain itu sifat zat antioksidan pada lada hitam juga berkhasiat dapat menekan pertumbuhan bakteri baik terutama di saluran usus.

Pada saat anda mengkonsumsi makanan dengan bumbu lada hitam, tentu keringat anda bercucuran keluar sana-sini. Nah secara tidak langsung proses ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun lewat keringat dan buang air kecil atau diuretik property. Seperti yang dilansir dari Magforwoma, lada hitam memiliki zat-zat yang berkhasiat dalam pencegahan diare, sembelit, nyeri kolik, dan gas usus.
Lada dan masalah Laki-laki
Lada juga tergolong senyawa pembangkit birahi/afrodisiak. Senyawa boron, calamene dan vacrol yang terdapat pada butiran buah lada dapat merangsang pengeluaran hormon androgen dan estrogen yang merupakan bekal utama pembangkit gairah seksual pada pria dan wanita. Kandungan merica juga dapat mengatasi bau keringat yang kurang sedap, haid yang kurang teratur, panas dalam, rematik, asam urat, tulang keropos, sakit gigi, asma, hernia, dan berbagai jenis penyakit kulit.
Lada juga dikenal sebagai bahan dalam ramuan herbal untuk mengatasi masalah seksual, seperti ejakulasi dini. Salahsatu penyebab masalah ejakulasi dini adalah yang berkaitan dengan faktor fisik, seperti tidak lancarnya peredaran darah ke organ vital pria. Salah satu efek dari lada adalah membantu memeperlancar peredaran darah. Penggunaan lada dalam mengatasi masalah ejakulasi dini bisa dengan dicampur dengan rempah-rempah lain lalu diminum, atau dengan dioles ke permukaan batang alat vital pria .

Posting Komentar

0 Komentar