Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Banyak yang masih meragukan akan pendapat yang menyatakan kalau buah Sirsak bermanfaat untuk ibu hamil. Katanya dapat merusak janin. Dapat membuat cacat fisik pada janin yang di kandung. Kan ngeri sekali kedengarannya. Karena di buah sirsak ada mengandung asam folat -8% DV yang dapat berakibat buruk pada janin dalam kandungan.
Menurut saya pandangan bahwa buah sirsak kurang baik di konsumsi untu ibu hamil hanya merupakan mitos saja. Bukankah pada saat seorang wanita sedang hamil kebutuhan nutrisi harus dicukupi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak memakan sayur serta buah-buahan. Dan buah sirsak adalah salah satu buah yang bisa dikonsumsi sebagai pelengkap nutrisi ketika kehamilan. Lihat Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dalam tulisan saya sebelumnya.

Dibawah ini manfaat-manfaat buag sirsak untuk ibu hamil :
1. Menguatkan tulang janin
Pertumbuhan tulang pada janin tentu membutuhkan banyak sekali kalsium, mineral, dan vitamin dalam tubuh sang bunda. Dengan mengkonsumsi buah sirsak sebagai jus secara rutin bisa membantu membuat tulang janin yang baru tumbuh menjadi kuat dan menghindari kecacatan pada janin.
2. Mencegah rasa mual
Pada masa awal-awal kehamilan ibu akan sering mengalami mual-mual dan rasa yang tidak enak yang disebabkan adanya kontraksi kondisi baru yang ada di dalam perutnya.. Yaitu dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Dan rasa buah sirsak yang manis dan asam bisa membantu memproduksi air liur yang nantinya dapat mencegah rasa mual  pada ibu saat hamil muda.
3. Meningkatkan sistem imun tubuh
Ibu hamil sangat rentan akan penyakit jadi sistem kekebalan tubuhnya harus kuat. Salah satu khasiat buah sirsak untuk ibu hamil muda adalah menguatkan sistem imun dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada di dalam buah sirsak sangat membantu dalam memproduksi sistem imun yang ada di dalam tubuh.
4. Melancarkan pencernaan
Buah sirsak untuk ibu hamil sangatlah bagus karena bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dan mineral yang ada di dalam buah sirsak ini bisa membantu melancarkan pencernaan tubuh.
5. Merangsang produksi ASI
Salah satu cara untuk merangsang produksi ASI adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat tinggi. Dan buah sirsak ini sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan untuk merangsang agar ASI bisa tetap lancar diproduksi..
Walaupun buah sirsak ini sangat bagus manfaatnya untuk ibu hamil. Tapi sangat tisak disarankan untuk mengkonsumsinya terlalu banyak saat sedang hamil. Karna setiap sesuatu yang berlebihan tentu akan ada tidak baiknya. Disarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak ini selama sedang hamil cukup sseminggu sekali saja. Asal rutin akan melihat manfaatnya.

Posting Komentar

0 Komentar